Blog MSV Studio



Definisi Archetype

Archetype adalah sifat dasar manusia.  Berdasarkan bahasa, archetype berasal dari dua kata Yunani Kuno "archein" yang berarti asli/tua dan "typos" yang berarti tipe / sifat / model / bentuk.  Teori archetype sangat penting dalam dunia film terutama dalam tahap penulisan cerita.  Dalam bahasa Indonesia, archetype sering disebut sebagai penokohan.  Seorang penulis cerita dan sutradara harus memahami konsep archetype untuk mendapatkan cerita yang baik.

 

Seorang psikiater Swiss bernama Carl Gustav Jung membuat teori tentang pola dasar sifat manusia berdasarkan ide emanasi.  Emanasi menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia berarti sesuatu yang mengalir atau pancaran, sebuah istilah populer dalam dunia kosmologi dan kosmogoni yang ditelaah para pemikir dunia sejak Plato hingga Ibnu Sina, Al Farabi, dan Al Ghazali.  Dalam teorinya, Carl membagi sifat-sifat manusia kedalam beberapa sifat dasar psikologi yang sama untuk tiap tipenya.  Teori tersebut terkenal dengan teori “Archetype”.

 

Archetype atau sifat dasar manusia dipercaya mewakili motif manusia paling mendasar dalam melakukan sesuatu.  Otomatis pada berbagai situasi, sifat dasar tersebut akan membangkitkan emosi yang paling dalam. 

 

Ada banyak sifat di dunia ini namun Jung membaginya menjadi dua belas sifat dasar manusia.  Kedua belas sifat dasar manusia tersebut dijelaskan Aryanto Yuniawan dalam bukunya tentang cara menulis screenplay yang berjudul From Script to Scratch.  Sutradara film animasi layar lebar pertama Indonesia yaitu Battle of Surabaya tersebut menerangkan dua belas sifat dasar yang perlu ketahui yaitu :

Kategori EGO :

  1. Pahlawan (hero)

Sifat                        : Kuat, berani, berstamina, teguh, bersaing menggapai peluang

Tantangan             : Arogan, berkhayal mendapatkan keagungan

Disebut juga          : Prajurit, tentara perang salib, penyelamat, superhero, tentara, pembunuh naga, pemenang, pemain team

  1. Polos (innocent)

Sifat                        : Terbuka pada pengalaman baru, gampang percaya, jujur

Tantangan             : Naif, penolakan terhadap masalah yang ada

Disebut juga          : Utopian, traditional, naif, mistik, santa, romantis, pemimpi

  1. Pengasuh (caregiver)

Sifat                        : Belas kasih, mantap, loyal, empati

Tantangan             : Arogan, berkhayal mendapatkan keagungan

Disebut juga          :  Santa, orang tua, pembantu, pembantu, penyokong

  1. Warga (citizen)

Sifat                        : Adil, melayani, bertanggung jawab

Tantangan             : Kebenaran, kenekadan

Disebut juga          : Orang biasa, setiap orang, tetangga, orang realistis, orang kaku, tetangga baik, mayoritas, anak baik, anak yatim, cewek

Kategori SOUL :

  1. Pecinta (lover)

Sifat                        : Memiliki grup, keinginan untuk berkorban demi yang lain

Tantangan             : Kurang identitas, rasa memiliki, cemburu

Disebut juga          : Teman, mitra, teman intim, pasangan, team pembangun, antusias, hawa nafsu

  1. Pencipta/penemu (creator)

Sifat                        : Tidak patuh, imajinasi, berestetika

Tantangan             : Terlalu dramatis, perfeksionis

Disebut juga          : Artis, penemu, inovator, musisi, penulis, pemimpi

  1. Penjelajah (explorer)

Sifat                        : Merdeka, menembus batas, berani, tidak patuh

Tantangan             : Tidak punya tujuan, mengasingkan diri,memuaskan hawa nafsu

Disebut juga          : Pencari, pengembara, individualis, peziarah, haji.

  1. Pemberontak/pembangkang (rebel)

Sifat                        : Berjiwa pemimpin, pengambil resiko, individualis, berani, jujur

Tantangan              : Negatif, tidak percaya hukum, fanatik terhadap sesuatu

Disebut juga          :  Revolusioner, manusia liar, pembangkang, ketidakcocokan, murtad

Kategori SELF :

  1. Penguasa (sovereign)

Sifat                        : Memberi perintah, mempertahankan stabilitas dan tradisi, melakukan kontrol

Tantangan             : Selalu menuntut hak, serakah, melakukan penyimpangan

Disebut juga          : Boss, pemimpin, aristokrat, raja, ratu, politisi, panutan, manajer, administrator

  1. Pelawak (jester)

Sifat                        : Humor, orisinil, tidak sopan

Tantangan             : Bengis, tidak bisa dipahami, tidak efisien

Disebut juga          : Orang bodoh, penipu, pelawak, komedian

  1. Pesulap/penyihir (magician)

Sifat                        : Kejutan, kekuatan persepsi, intuisi, cerdas

Tantangan             : Tipu muslihat, pongah, manipulasi

Disebut juga          : Visioner, katalis, penemu, pemimpin kharismatik, dukun, tabib

  1. Orang bijak (sage)

Sifat                        : Bijak, pandai, jernih dalam berpikir, rasional

Tantangan             : Merasa tidak bisa bersosialisasi, pasif, arogan

Disebut juga          : Sang ahli, sarjana, detektif, penasehat, pemikir, filosof, akademisi, peneliti, konseptor, profesional, mentor, guru, perenung

 

Pembagian sifat manusia tidak hanya dilakukan oleh Jung saja meskipun ia diakui sebagai peletak dasar archetype.  Banyak tokoh setelah Jung yang mengembangkannya sehingga ada banyak istilah sifat dasar manusia.  Demikian pula Vogler dalam bukunya The Writer’s Journey menyebutkan ada 8 sifat dasar manusia yang sering digunakan dalam film yang cenderung menjadi semacam fungsi, yaitu :

  1. HEROES

Sesuai Vogler, Hero berarti tokoh sentral dalam cerita (central figures).  Bagaimanapun, setiap orang adalah pahlawan dalam dongengnya masing-masing.

  1. SHADOWS

Penjahat atau musuh.  Bisa musuh dalam selimut.  Bisa sisi gelap atau potensi jahat sang tokoh utama.  Sisi ini mungkin saja diakibatkan oleh penindasan, tekanan kesedihan, kemarahan, frustrasi atau kreativitas yang berbahaya karena tidak tersalurkan.

  1. MENTORS

Pemandu sang tokoh utama.  Bisa berupa prinsip panduan.  Bisa berwujud Yoda, Merlin, pelatih, guru, atau dalam masyarakat Indonesia fungsi ini sering diterapkan oleh orang tuanya sendiri.

  1. HERALD

Arti harfiah herald adalah bentara atau obor.  Maksudnya adalah sesuatu/seseorang yang memotivasi tokoh utama untuk menjawab panggilan pada petualangan (call to adventure) disaat tokoh utama ingin status quo (bertahan pada keadaannya).  Herald bisa berwujud seseorang, benda, peristiwa, atau kejadian alam.  Bisa positif dan bisa negatif.  Biasanya diletakkan di bagian awal.

  1. THRESHOLD GUARDIANS

Arti harfiah threshold guardians adalah penjaga gerbang.  Maksudnya adalah kekuatan-kekuatan yang menjaga saat tokoh berada pada titik belok kehidupan.  Bisa berupa rasa takut, rasa ragu, atau berupa manusia seperti musuh yang cemburu, orang yang tidak menginginkan perubahan, atau bahkan penjaga gerbang betulan.

  1. SHAPESHIFTERS

Arti harfiah shapeshifter adalah pengubah bentuk.  Maksudnya bisa berupa tokoh yang mampu berubah wujud seperti vampir, manusia serigala, atau perubahan non fisik seperti persepsi yang berubah maupun teman yang sebenarnya musuh (bermuka dua).

  1. TRICKSTERS

Arti harfiah trickster adalah penipu.  Bisa berupa penipu, pengacau, biang onar, tukang usil, badut yang memberi selingan komedi, atau alam bawah sadar kita yang mendesak untuk berubah.  Trickster adalah tokoh yang sering menggunakan tipuan dan keluar dari aturan dalam mencapai tujuannya.  Ia seringkali merupakan katalis (catalyst character), yaitu tokoh yang mempengaruhi hidup orang lain tapi tidak mengubah hidupnya sendiri.  Contoh paling mudah dipahami adalah Jack Sparrow, Bart Simpson, si Kancil, Syekh Nashruddin, Abu Nawas, dan Punakawan. 

  1. ALLIES

Merupakan karakter yang membantu tokoh utama selama menjalani perubahan.  Bisa berupa teman, sahabat karib, kaki tangan, anak buah, kolaborasi, sekutu, atau pacar yang menyarankan tokoh utama melalui transisi kehidupan.

 

Fungsi-fungsi di atas tidak harus ada semua.  Harus disesuaikan dengan jalan cerita.  Fungsi yang dijalankan suatu tokoh mungkin tidak dengan mudah bisa diidentifikasi oleh penonton atau kritikus film.  Yang jauh lebih penting dari kesemuanya adalah cerita harus berjalan dengan logis, menarik, dan jangan terjebak pada pengkategorian fungsi para tokoh. 

 



[X]

Subscribe for our all latest News and Updates

Enter your email address:

Artikel terbaru


9 Nov 2017

Unsur Animasi 2D dalam Naura & Genk Juara

JAKARTA, KOMPAS.com - Penyanyi Nola "B3" mengatakan meskipun Naura & Genk Juara, sarat pesan edukatif, film tersebut tak berniat menggurui penonton. "Fi...
read more ›

17 Oct 2017

Rayakan HUT ke-15, MSV Pictures Tekad Masuk Lima Besar Asean 2020

Oleh : Danar Widiyanto SLEMAN, KRJOGJA.com - MSV (Mataram Surya Visi) Pictures, salah satu badan usaha Universitas Amikom Yogyakarta yang bergerak di bidang...
read more ›

10 Oct 2017

Membongkar Pondasi Produksi Film Animasi Battle of Surabaya

Simak beberapa poin di balik produksi film Battle of Surabaya. Oleh : Muhammad Rizal Fikri | 5 September 2015 11:00   Muvila.com – Film animasi...
read more ›

9 Oct 2017

Film Animasi 'Battle of Surabaya' Berawal dari Serial TV yang Tak Dianggap

Karakter Musa, bocah kurir surat di tengah gempuran Pertempuran 10 November   Oleh : M. Iqbal Fazarullah Harahap   Jakarta - Mungkin tim film a...
read more ›

8 Oct 2017

Remember You (From "Battle of Surabaya") Eileen Shannon

The Lyrics for Remember You (From "Battle of Surabaya") by Eileen Shannon have been translated into 1 languages     Will I ever found? A qu...
read more ›